Selasa, 07 April 2020

Married Lyfe Update


Halo. Tulisan ini akan saya buka dengan kalimat klasik blogger pemalas, “udah lama banget nggak nulis di sini”
Saya bahkan nggak pantes disebut blogger saking malasnya ngepost.

Setelah baca ulang postingan-postingan sebelumnya, banyak sekali yang sudah terjadi. Cepet banget waktu berlalu ya.

Btw, saya sudah menikah. Hore!!! Hahaha akhirnya. Tapi bukan, saya bukan mau bahas soal menikah atau prosesi nikah apalagi proses kawin (???)

Saya mau cerita soal hal-hal yang saya alami setelah menikah. Karena benar, menikah itu nggak melulu ena, walaupun ena ena is ena indeed. (((wow)))

Jadi, tiga bulan setelah nikah saya sempat hamil. Saya bilang sempat karena kehamilannya belum berlanjut, hehe. Belum rejeki, kalau kata orang-orang.

Semuanya bermula ketika saya sakit perut semalaman sampai nggak bisa tidur. Saya mengira itu maag karena rasa sakitnya jenis melilit yang sudah biasa saya rasakan, hanya tingkatnya lebih berat. Besoknya saya masih sakit perut, dan lusa saya memutuskan untuk periksa.
Dokter kaget waktu tanya kapan saya terakhir menstruasi karena udah 2 bulan dan langsung disuruh tes kehamilan. Saya takut. Takut kecewa kalau hasilnya negatif. Bukan apa-apa, siklus haid saya memang tidak teratur. Jujur ndredeg banget waktu tes dan nunggu hasilnya.

Ternyata hasilnya positif dan senengnya astagaaa nggak nyangka saya yang kayak gini bisa hamil wakaka geblek.

Sayangnya kebahagiaan nggak berlangsung lama. Pemeriksaan kedua, dokter bilang janin di rahim saya perkembangannya sedikit sekali. Dari mukanya kelihatan itu bukan berita baik.

Keluar dari ruang dokter saya nangis. Takut. Panik. Semuanya.

Kami jadi sering berantem karena saya merasa menghadapi semuanya sendiri. Saya selalu ketakutan setiap buang air kecil karena pasti banyak sekali gumpalan darah yang keluar bersama kencing.

Makin hari pendarahan saya makin parah, sampe saya memutuskan buat pake pembalut. Saya capek gonta ganti pembalut setiap mau sholat.

“Kamu nggak tau kan, rasanya jadi aku. Kamu nggak ngerasain kagetnya liat darah-darah ini setiap pipis. Aku yang nanggung sendirian!” adalah kalimat yang saya ucapkan ke Galih sambil nangis histeris.

Dia berusaha menenangkan saya tapi tidak bisa, karena saya merasa tidak bisa ditenangkan. Saya panik dan cemas terus menerus.

Makin lama saya jadi agak terbiasa dengan ritme “siang ceria malam cemas.”

Saya merasa Galih nggak akan bisa mengerti saya, tanpa memikirkan bagaimana perasaan dia.

Suatu malam, saya merasa sakit sekali di perut. Mencoba mengabaikan rasa sakit, saya tahan dan berusaha tidur lagi. Paginya, apa yang saya takutkan selama ini terjadi.

Ada gumpalan cukup besar yang keluar.

Rasanya makdeg. Jantung kayak berhenti. Saya paham apa yang terjadi, tapi masih berusaha denial. Walau sudah mengira ini bakal kejadian, tetep aja pas terjadi beneran saya kaget.

Spontan nangis dan kaku. Saya berdiri nggak berani gerak sama sekali sambil air mata terus ngalir nggak bisa berhenti.

Saya merasa lebai, tapi tetep rasanya sedih banget. Badan saya nggak sakit, nggak capek, tapi berasa lemes dan males ngapa-ngapain. Pengennya seharian bobok di kasur sambil kemulan.

Banyak sekali pertanyaan di kepala saya selepas keguguran.

“Apa gara-gara aku naik motor?”
“Apa gara-gara aku kerja?”
“Apa aku kebanyakan naik turun tangga?”
“Apa makanku kurang sehat?”
“Kenapa aku nggak bisa jaga?”
“Kenapa orang lain bisa hamil dan tetap beraktivitas biasa tapi aku enggak?”
“Kenapa aku?”
… dan masih banyak lagi pertanyaan lainnya. Semuanya saya tanyakan ke diri sendiri sampe pusing, sampe pengen muntah terus nangis.

“Bukan salahmu, jangan stress”
Bahkan “jangan stress” menurut saya adalah kalimat menyalahkan. Secara tidak langsung saya mengartikan, kalau saya tidak stress maka saya tidak akan keguguran.

Pokoknya semua ucapan orang lain semakin membuat saya merasa bersalah. Nggak ada satupun penghiburan yang bisa menghibur saya. Sampai akhirnya, saya menghindari topik sensitif itu. Lebih baik tidak dibahas daripada kepikiran.

Jujur saja, kalau lihat foto bayi-bayi atau liat ibu sama anaknya masih ada perasaan sedih (dan iri). Saya nggak pernah bilang, tapi Galih paham. Dia nyaranin saya berhenti dulu follow artis atau selebgram yang selama ini saya ikuti karena gemes sama anaknya.

Walaupun sedih, saya nurut karena mungkin itu lebih baik. Saya kayaknya perlu detox balita gemes. Biar nggak makin sedih.

Mungkin masalahnya di sini adalah saya belum bisa ikhlas (?) Bisa jadi juga saya merasa hanya saya saja yang ngerasa sedih. Padahal Galih juga pasti sama sedihnya. Begitu juga dengan keluarga kami.

Menulis pengalaman ini sebenarnya bikin saya nangis lagi. Sebagian besar tulisan ini dibuat secara curi-curi di kantor. Untuk menghindari banjir bandang yang merusak keparipurnaan make up, saya tulis sedikit demi sedikit. Setiap udah mbrabak, saya berhenti terus pengalihan ke kegiatan lain. Pokoknya sebelum mbrebes harus stop. 

Saya kira saya bisa lupa dan membicarakan ini dengan santai. Kayak ngomongin mantan pacar atau pengalaman liburan yang zonk atau apalah, ternyata enggak.
Saya tahu banyak perempuan lain yang pernah keguguran, bukan cuma saya. But still..
Rasanya tetep sedih kalo liat temen yang hamil. Saya ikut senang, tapi juga sedih karena iri.

Kalau kata orang kunci utama pernikahan adalah komunikasi, itu ternyata benar dan saya rasakan sendiri sekarang. Kondisi saya yang terpuruk cukup membuat hubungan kami merenggang dan kerasa banget sih. Saya nggak seceria dulu dan ngaruh ke moodnya Galih juga. Untungnya, Galih nggak bosen ngingetin saya untuk bangkit, mulai dari cara terhalus sampe keras. Awalnya saya defensif. Nggak mau denger dan malah bantah. Atau dengerin tapi masuk kuping kanan keluar kuping kiri. Lama-lama saya mikir omongan dia ada benernya juga. Saya akhirnya bisa membaik dan menata diri lagi.

Saya nggak kebayang kalau dia nggak nasehatin saya (walaupun saat itu saya kesel setengah mati, marah, kecewa), mungkin saya bakal terpuruk terus. Sedih terus. Gak move on sampai sekarang.

Nikah memang nggak selamanya ena, tapi tetep harus dihadapi. Soale piye maneh. Saya nggak bisa mengglorifikasi apa-apa soalnya ya ancen ‘piye maneh’. Hahahaha. Kesimpulan macam apa ini.

Doakan saya cepet hamil lagi, ya! Aamiin.

-any riaya-

Tidak ada komentar: