Jumat, 03 Februari 2012

Dong Yi

Dulu waktu jaman intensif snmptn, saya ngikuti drama korea yang judulnya Dong Yi. Kebetulan waktu itu papa juga lagi cuti. Jadi otomatis tiap nonton papa ikutan. Eh lama-lama papa lebih antusias ngikutin daripada saya. Malah saya tiap hari ditanyain kapan beli dvd serialnya. Lumayan sih, saya jadi nggak usah keluar duit tapi bisa ikutan nonton. Alasannya papa kalo nunggu yang di TV kelamaan dan gak sabar nungguin iklannya.

Drama korea ini bagus banget lho. Ceritanya tentang anak pemberontak yang akhirnya bisa masuk ke istana, setelah ayah sama kakanya meninggal dibantai kerajaan. Dong yi jadi pelayan di biro musik dari kecil. Tapi gara-gara dia cerdas banget, akhirnya dia naik pangkat jadi dayang dan...akhirnya jadi selir.
Dong yi sama raja emang udah deket sejak dong yi masih jadi pelayan biro musik. Tapi raja nggak mau ngaku kalo dia raja, so swit ya :3

Setting sama propertinya keren banget deh. Baju-bajunya juga uuuuu bikin ngiler. Rok ngembang, tusuk konde, sama apa itu yang ditaruh atas kepala saya nggak tau namanya, dan segalanya. Semuanya bagus. Pemainnya juga pada ganteng cantik gitu. Penokohannya juga pas, soalnya aktingnya sesuai banget, image-nya cocok.

Nah, sekarang Dong Yi ternyata diulang lagi di Indosiar. Berhubung nganggur di rumah selama liburan, saya nonton lagi deh.
Secara udah tau ceritanya, saya jadi merhatiin hal lainnya. Nggak fokus ke cerita kayak waktu nonton pertama kali.

Saya agak heran juga ya sama kebiasaan korea (yang jaman Dong Yi, nggak tau sih masih berlanjut apa enggak). Misalnya, kalo minum teh atau arak di depan orang yang lebih tinggi kastanya, minumnya harus puter kepala ke samping gitu. Mungkin itu maksudnya tindakan hormat.

Terus ya, kalo ada orang yang jabatannya tinggi, semua orang harus hormat ke dia. Nggak peduli meskipun kakak atau ibunya harus tetep manggil, "yang mulia". Agak nggak bisa mbayangin --a

Yang paling bikin sebeeeel, mereka terlalu sopan! Mereka itu Dong Yi sama raja. Padahal udah jadi suami istri, tetep harus duduk jauhan gitu. Waktu Dong Yi dihukum ke pengasingan, mereka gak pelukan atau apa gitu. Ya Ampun! Dong Yi cuma hormat di depan balai agung, dengan sopan. Oke, fine gue geregetan.
Untungnya Yang Mulia nyusul ke pengasingan, buat bilang salam perpisahan yang lebih unyu. Nangis deh saya #eaaa

Ada lagi, tinggi rendahnya kedudukan perempuan di istana itu bisa diliat dari penampilan sehari harinya. Kalo baju sih udah pasti ya, jaman kita sekarang juga gitu :p
Kalo di Dong Yi, yang paling nyolok di mata saya adalah...tusuk kondenya! Tusuk kondenya Dong Yi pas dia masih pelayan, dayang, sama pas jadi selir secara bertahap berubah jadi makin bagus. Kondenya ratu, woh, jauh lebih bagus lagi. Semacam diukir naga gitu. Lucu ya :3

Oiya, kalo ada anggota kerajaan yang meninggal, semua anggota istana sampe rakyat jelata ikutan nangis sambil nyembah-nyembah. Saya nggak tau itu kewajiban biar nggak dihukum, atau mereka beneran sedih. Tapi kalo sedih agak aneh sih, mereka kan nggak semuanya tau muka anggota kerajaan. Dong Yi aja tadinya nggak kenal sama raja, kan?

Saya seneng liat kehidupan istana di drama korea. Tapi saya nggak mau hidup di sana. Plis ya, bisa pusing kalo harus ngiket rambut sekenceng itu (dan somehow rambut mereka selalu rapi, bahkan kalo sakit kepangannya nggak dilepas!). Apalagi harus sopan dan nggak bisa banyak tingkah. Agak sulit ya .___.

Sepertinya saya lebih suka nonton saja.

Tidak ada komentar: