Rabu, 13 Juni 2012

Mengeluh Dengan Bijak

Mengeluh itu manusiawi. Ketika mengalami kesusahan atau masalah pasti ada dorongan buat cerita dan ngeluh. Entah ngeluhnya disimpen sendiri, ditulis, atau diceritain ke orang lain.
Tapiiii yang jadi masalah adalah, sebenernya ketika ngeluh yang kita dapet cuma rasa lega. Masalah yang kita keluhkan nggak akan berkurang sedikitpun, karena ketika ngeluh ke orang lain, kemungkinan muncul solusi yang efektif itu mungkin hanya sekitar 10%.
Masalah yang makin besar adalah ketika kita bikin orang lain yang denger (atau baca, kalo kita ngeluh di social media) keluhan kita jadi ikutan sumpek. Duh.
Saya adalah salah satu orang yang suka mengeluh. Dan karena kebiasaan, jadi ngeremnya agak susah. Saya lagi berusaha mengurangi sih, tapi kalo bener-bener harus ngeluh (terutama di social media seperti twitter), biasanya saya bakal mengemas keluhan itu dengan cara yang beda. Mengeluh versi jayus. Setidaknya meskipun jayus, nggak to the point ngeluh gitu kan #ngeles
Karena ceritanya saya sekarang udah mahasiswa, paling sering bikin buntu ya masalah kuliah. Otomatis kebutuhan ngeluh soal kuliah ini meningkat. Yang paling saya coba pahami tiap mau ngeluh soal kuliah adalah, yang namanya mahasiswa pasti menderita dong. Tugas, ujian, semua jurusan pasti ngalamin lah. Bukan berarti kalo jurusan baru atau yang kurang diminati itu tugasnya enggak banyak. Bukan berarti jurusan lain ujiannya nggak susah dan bikin frustasi. Bukan berarti jurusan lain nggak menanggung beban moral ke masyarakat kalo sekarang kuliahnya asal-asalan. Bukan berarti ada jurusan yang menganggap ketiduran itu bukan dosa besar. Tiap jurusan punya tantangan dan kesulitan sendiri sih.
Semoga kita semua bisa lebih bijak dalam mengeluh. Mumpung masih mahasiswa, kita nikmati saja penderitaan yang ada *pake iket kepala*. Cheers. Hidup mahasiswa.

1 komentar:

Alviani mengatakan...

semangat mbechi!