Selasa, 29 November 2016

Uang



Money can’t buy happiness. Kalimat paling nggak tepak sedunia.

Padahal uang bisa beli lipstik.
Bisa beli baju (soalnya baju-baju lama udah pada sempit. Sempit banget).
Bisa beli bakso.
Bisa beli mie ayam atau mie pangsit.
Bisa beli gado-gado.
Bisa beli jus alpukat pake susu coklat yang banyak.
Bisa beli penyetan pedesss lauk telur dadar sama ikan asin.
Bisa beli nasi padang pake lauk dobel.
Bisa beli pizza delivery kalo lagi lembur.
Bisa beli bahan-bahan bikin pisang goreng buat masak-masak bareng temen sekantor.
Bisa beli junkfood.
*oke, kalian sudah tau kan apa aja yang bisa bikin saya bahagia* *mbanting timbangan*

Bisa beli apa apa.

Yah, memang nggak semua hal bisa dibeli pake uang, contohnya cinta dan kasih sayang *NJIYEEEEE*. Cinta dan kasih sayang yang tulus ya, kalo definisi cinta dan kasih sayang menurutmu itu mbak-mbak genit yang gelendotan di lengan om-om gendut (badan dan dompetnya), ya beda lagi bahasannya.

Tapi jaman sekarang, intinya sebagian besar hal-hal yang bikin bahagia itu bisa dibeli pake uang.

Uang. Itu dia masalahnya.

Jadi saya mau curhat soal uang…

Selama ini, saya sama sekali nggak pernah bikin list pengeluaran. Apalagi rencana pengeluaran :”)
Pokoknya dapet duit berapa, gak pernah dicatet, langsung diterima, disyukuri, dibelanjakan. Nah, baru deh kalo duitnya habis, panik dan gupuh sendiri.

Buset, baru tanggal segini duit udah menipis beli apa aja aku kemaren?” dan berakhir dengan “yoweslah, mungkin habis buat jajan”. Gitu terus berulang dari bulan ke bulan.

Kemudian takdir mempertemukan saya sama salah satu teman. Sebut saja namanya Lina dan mari kita anggap dia alay karena memang begitulah kenyataannya.
Lina mengenalkan saya, juga teman-teman lain (Yaitu Ismi, Bilqis, dan Mas Pepiet, walaupun Ismi bukan teman saya sih sebenernya tapi ya sudahlah) pada suatu aplikasi yang namanya monefy. Sebenernya pokok bahasannya bukan di aplikasinya sih, karena (sayangnya) ini bukan #PostinganBerbayar. Poin utama di sini adalah saya pengen tau, sebenarnya duit saya itu kepake buat apa aja sih, apakah dengan gaji segini saya bisa nabung, dan kira-kira kapan saya bisa mencapai berat badan ideal hal-hal lain yang berkaitan dengan manajemen keuangan saya. *manajemen keuangan jare*

Nah, akhirnya saya memutuskan buat mencoba monefy ini mulai bulan November. Karena bulan-bulan sebelumnya saya sudah kadung hedon banget dan saya belum siap merasa bersalah melihat rincian pengeluaran yang bakal terekam dalam aplikasi itu.

Jadilah per 1 November kemarin, saya mulai rajin mencatat setiap pengeluaran saya. Sampai pengeluaran paling kecil sekalipun, misalnya jajan-jajan di minimarket.

Dan hasilnya ternyata lumayan mengejutkan. Bahkan bulan November belum habis, saya sudah masuk kategori besar pasak daripada tiang. Saya memang cuma masukin gaji bulanan sebagai pemasukan. Pemasukan lain-lainnya sengaja nggak saya masukin karena saya pengen tau, apakah saya sudah bisa mengatur pengeluaran sesuai pemasukan yang saya terima.

Ternyata belum bisa :”)


ini tampilan monefy saya, disensor dikit ya :))


Rincian pengeluaran saya paling besar adalah buat makan, di kategori Eating Out, saya membelanjakan 30% dari pemasukan. Gila ya emang. Nah yang banyak juga, bulan ini memang saya “agak boros” di belanja-belanja baju sama kosmetik. Kategori Clothes itu memakan 20% gaji, terus Beauty Kit 12% sendiri.

Oke. Sampe sini saya merasa nulis postingan ini berasa bikin deskripsi data statistik laporan proyek. Jamban tenan. Wqwqwq. Yoweslah yo.

Lanjut, bos.

Nah terus ya, yang pengen saya bahas juga adalah jajan kecil-kecil yang biasanya saya sepelein, macam “beli kopi di indomaret buat begadang” atau “beli tisu soalnya lagi pilek, eh sekalian bengbeng deh”, "beli teh pucuk dulu, Surabaya panas banget" atau “eh ada bakul pencit, beli ah buat ngemil di kantor” dan semacamnya itu kalo ditotal habisnya banyak juga ternyata.
Bulan ini saya mencoba rajin (atau terlalu perhitungan) dengan nulis setiap jajan yang saya beli. Buset ternyata jajan saya banyak banget. Kalo nggak ditulis pasti nggak kerasa.

Kalo soal biaya wajib yang “gak mungkin gak keluar” semacam kategori Communication (paketan dan pulsa) sama Transport (bensin sama transportasi online) sih saya nggak terlalu masalahin. Cuma mungkin bulan-bulan depan saya nggak boleh keseringan naik Uber kalo alasannya endel semacam “males parkir” atau “males kena becek habis hujan”.

Dari hasil monefy bulan ini, saya mencoba mengevaluasi diri sendiri. Karena ternyata balance pemasukan dan pengeluaran saya hasilnya minus *sedih*, maka saya perlu lebih ngatur pengeluaran bulan depan.

Entah ngurangi beli-beli lipstik atau jajan, pokoknya harus lebih direncanakan lagi.

Nggak tau bakal sesuai atau enggak, yang penting usaha dulu lah ya. Saya bukan pelit, saya cuma berusaha untuk memperbaiki manajemen keuangan diri sendiri mulai sekarang, sebelum harus jadi manajer keuangan keluarga suatu hari nanti #EAAAAAA #Ahlasan.

Buat kalian yang susah ngatur duit juga, monefy ini boleh lho dicoba. Aplikasinya simple, tapi cukup berguna buat ngukur seberapa hedon dirimu : ))

Walaupun nggak bisa beli semua sumber kebahagiaan, uang juga perlu diatur biar bisa beli hal-hal yang bikin bahagia wqwq. Selamat mengatur keuanganmu, guys! 
 


-any riaya-

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Lina berguna juga ya 😂