Rabu, 10 Mei 2017

Gendut


Saya mengira bahwa kalau kerja, saya akan sangat sibuk dan stress hingga bahkan nggak ada waktu untuk ngemil dan yay, saya bisa langsing!

Nyatanya, sekarang kegiatan saya sehari-hari hanyalah duduk sambil ngetik. Setiap jam makan siang saya makan bagaikan singa kelaparan. Seringkali, ada yang bawa makanan ke kantor dan saya pun tak kuasa menolak rejeki. Karena katanya, pamali kalau nolak rejeki. Gak ilok.

Kejadian yang sering terjadi di kantor adalah…
Saya                : *laptopan*
Orang kantor   : “ini ada *masukkan nama makanan di sini*”
Saya                : horee! siap, pak! *bangkit, ambil makanan, duduk*

Baru duduk sebentar, beberapa saat kemudian..
Pak Bos            : itu ada *masukkan nama makanan di sini*, dimakan bareng-bareng aja
Saya                : oh..iya pak…*bangkit, ambil makanan, duduk lagi*

Dan momen tersebut berulang terus sampe saya kenyang, tapi tetap makan siang bagaikan macan cisewu kelaparan.

Eniwei, seiring dengan body saya yang makin subur tertimbun lemak di berbagai bagian strategis *UWOPO*, makin banyak pula yang ngilokno.

Pernah ada tamu yang main ke rumah, terus dia nanya..

“(anak) Yang nomer satu ini gendut ya yang lain kecil”
“Mbak, kamu gemuknya dari kecil? Atau dulunya nggak gemuk?”

Geregeten.

Kesel nggak sih digituin orang yang baru pertama ketemu sama kita? Dan pertanyaan itu diulang-ulang padahal dia nggak bakal mati kalau nggak tau jawabannya.

Terus kalo saya gendut kenapa?
Kalo saya lebih gendut daripada adek-adek saya kenapa?
Yang namanya saudara, mau kandung atau bahkan kembar pun itu kan tetep individu yang beda. Cuma kebetulan aja bersaudara. Jadi wajar dong kalo beda.
Mau ada yang lebih gendut atau lebih kurus, terus kenapa?

Okelah kalo niatnya bercanda, dan yang ngomong saya lebih gendut itu orang tua, atau kenalan yang udah deket. Lha ini, ketemu baru sekali, ngomong kayak gitu dengan nada serius pula. Saya aja nggak tau dia siapa. Kzl.

KUTANDAI KAU BUK. KUTANDAI. 

Gimana ya, ya emang sih saya nggak pernah kurus. Dan seiring bertambah umur saya makin gendut. Mungkin karena saya emang hobi jajan. Hobi yang buruk, karena selain nggak sehat buat badan, hobi ini juga nggak sehat buat dompet *cry*.

Jadi saya sebenernya juga paham banget kalo faktanya saya emang gendut. Buncit. Nyempluk. Bunder. Lengannya dempal (bukan dempal karena otot tapi karena lemak, jadi glunyur-glunyur) *cry*.

Tapi kenapa ya, kadang masih nggak bisa nerima kalo fakta “KAMU GENDUT” itu dilontarkan orang lain ke saya? Kenapa begitu susah menerima kenyataan :”)

Saya pernah baca blog orang, jadi dia ini sekarang udah punya anak satu. Menurut saya, ibu ini badannya hot mama banget. Nggak kegemukan, tapi juga nggak kerempeng. Apik lah. Nah ternyata, dulu dia pernah gendut. Sampe dibully temen-temennya. Akhirnya dia sadar, bahwa dia dibilang gendut karena MEMANG gendut. Akhirnya dia diet, olahraga, dan taraaa basro! jadi deh bodinya kayak sekarang.

Habis baca itu saya termotivasi. HARUS DIET. HARUS OLAHRAGA.

Hal yang saya lakukan pertama adalah : pergi belanja bahan-bahan makanan diet. Macam oatmeal, susu skim, sayur-sayur, buah.
Hal kedua yang saya lakukan : ngesave video-video workout tutorial dari youtube dan instagram.

Saya makan layaknya orang diet, dan olahraga. Apakah berhasil?

ENGGAK.

Karena susah banget istiqomah Ya Allah.. : (

Bayangin aja, gimana kamu bisa gak makan malem sedangkan orang serumah rame-rame makan MI KUAH DUG-DUG???
Gimana bisa saya cuma ngemil buah kalo di kantor ada MARTABAK SEGITIGA ISI BIHUN DICOCOL PETIS BUATAN IBUNYA ISMI???
Gimana bisa saya sarapan oatmeal atau pisang kalo adek saya BIKIN INDOMIE GORENG???
Gimana bisa istiqomah makan bekal dari rumah kalo temen-temen jajan BAKSO atau PANGSIT MIE???

Jadi begitulah. Rekor jaga pola makan saya paling lama bertahan cuma dua minggu.  Habis itu yowes mbalik nggragas maneh. Malah lebih banyak habis duitnya daripada gendutnya. Makanan-makanan rendah kalori kenapa mahal semua bosq... : (

Ujung-ujungnya, “YOWESLAH AKU LEMU YOWES!!!”

Sekarang sih saya belum ada motivasi diet lagi. Lagi mager. Lagi “yoweslah aku lemu yowes” banget ini.

Tapi saya berharap, suatu hari nanti kalau saya bener-bener bertekad buat diet yang istiqomah, mudah-mudahan itu saya lakukan demi diri sendiri. Bukan karena bete dibilang gendut sama temen. Bukan karena minder. Bukan demi kamu. Bukan demi dia. Bukan demi orang lain.

Nulis segini aja aku dah luwe. Mangan sek, yok rek.


*brb cari jajan*


-any riaya-

Tidak ada komentar: